INFORMATIKA 1 AYI ROHMAN, S.Pd

 

Capaian Pembelajaran (CP) Mata Pelajaran Informatika Fase D

NOMOR 032/H/KR/2024

Pada akhir Fase D, peserta didik mampu menerapkan proses berpikir efektif dan efisien untuk menyelesaikan persoalan berlatar belakang informatika yang didasari data terstruktur, menentukan langkah-langkah untuk mengolah instruksi interaktif dan data yang dapat dijalankan oleh manusia atau mesin otomasi, dan memanfaatkan dengan optimal sekumpulan fasilitas yang tersedia, memanfaatkan data internet, serta mampu bersosialisasi dan berkolaborasi dengan baik, serta berkreasi dengan etis di dunia digital. Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut.

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Berpikir Komputasional

Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.

Literasi Digital

Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.

 


 

 



CAPAIAN, TUJUAN DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

KATA KUNCI

TUJUAN PEMBELAJARAN

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

Ket.

KOMPETENSI

MATERI

KLS 7

KLS 8

KLS 9

Elemen: Berpikir Komputasional

Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.

Menerapkan

 

BK-01: Menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil.

SEMESTER 1

1.     SK-01

2.     AD-01

3.     AD-02

 

SEMESTER 2

1.     TIK-01

2.     TIK-02

3.     TIK-03

4.     TIK-04

 

SEMESTER 1

1.   BK-01

2.   BK-02

3.   JKI-01

SEMESTER 2

1. DSI-01

2. DSI-02

3. DSI-03

4. DSI-04

 

SEMESTER 1

1. DSI-05

2. DSI-06

 

 

SEMESTER 2

AP-01

 

Mendisposisikan

 

BK-02: mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang.

 

 

AP-01: mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.

Memahami

 

AD-01: Memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari.

Memahami

 

AD-02: Memahami konsep lembar kerja pengolah data.

Elemen: Literasi Digital

Peserta didik mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware, memilah informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.

Memahami

 

TIK-01: Memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet

 

 

 

 

Mengetahui

 

TIK-02: Mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta dan opini

Memahami

 

TIK-03: Memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data

Memahami

 

TIK-04: Memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten

Mendeskripsikan

 

SK-01: Mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja komputer.

Memahami

 

JKI-01: Memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang public virtual.

Memahami

 

DSI-01: Memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital

Memahami

 

DSI-02: Memahami dampak perundungan digital,

Membuat

 

DSI-03: Membuat kata sandi yang aman,

Memahami

 

DSI-04: Memahami pengamanan perangkat dari berbagai jenis malware,

Memilah

 

DSI-05: Memilah informasi yang bersifat privat dan publik,

 

 

DSI-06: Melindungi data pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia digital.

 

 

 

 

Rancabali, 04 Juli 2024

Koordinator,

 

 

Asep Parid Soleh H, S.Kom., M.Kom.

NIP. 198602092019031003