INFORMATIKA 1 AYI ROHMAN, S.Pd
Capaian Pembelajaran
(CP) Mata Pelajaran Informatika Fase D
NOMOR 032/H/KR/2024
Pada akhir Fase D, peserta didik mampu
menerapkan proses berpikir efektif dan efisien untuk menyelesaikan persoalan
berlatar belakang informatika yang didasari data terstruktur, menentukan
langkah-langkah untuk mengolah instruksi interaktif dan data yang dapat
dijalankan oleh manusia atau mesin otomasi, dan memanfaatkan dengan optimal
sekumpulan fasilitas yang tersedia, memanfaatkan data internet, serta mampu
bersosialisasi dan berkolaborasi dengan baik, serta berkreasi dengan etis di
dunia digital. Capaian Pembelajaran setiap elemen adalah sebagai berikut.
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Berpikir Komputasional |
Peserta didik mampu memahami konsep
himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar
kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan
persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume
kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada
berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan
kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode. |
Literasi Digital |
Peserta didik mampu memahami cara kerja
dan penggunaan mesin pencari di internet; mengetahui kredibilitas sumber
informasi digital dan mengenal ekosistem media pers digital; membedakan fakta
dan opini; memahami pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat
laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; mampu mendeskripsikan
komponen, fungsi, dan cara kerja komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas
jaringan lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis
ruang publik virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan
diseminasi konten. Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam
jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami
dampak perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan
perangkat dari berbagai jenis malware, memilah
informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan identitas
digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia
digital. |
CAPAIAN, TUJUAN DAN ALUR TUJUAN
PEMBELAJARAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
KATA KUNCI |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN |
Ket. |
|||
KOMPETENSI |
MATERI |
KLS 7 |
KLS 8 |
KLS 9 |
|||
Elemen: Berpikir Komputasional |
|||||||
Peserta didik
mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari,
memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir
komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data
berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir
komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan
sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau
simbol dalam format pseudocode. |
Menerapkan |
|
BK-01: Menerapkan
berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan
data berstruktur sederhana dengan volume kecil. |
SEMESTER 1 1.
SK-01 2.
AD-01 3.
AD-02 SEMESTER 2 1.
TIK-01 2.
TIK-02 3.
TIK-03 4.
TIK-04 |
SEMESTER 1 1.
BK-01 2.
BK-02 3.
JKI-01 SEMESTER 2 1.
DSI-01 2.
DSI-02 3.
DSI-03 4.
DSI-04 |
SEMESTER 1 1.
DSI-05 2.
DSI-06 SEMESTER 2 AP-01 |
|
Mendisposisikan |
|
BK-02: mendisposisikan
berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang. |
|||||
|
|
AP-01: mampu menuliskan
sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau
simbol dalam format pseudocode. |
|||||
Memahami |
|
AD-01: Memahami konsep
himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari. |
|||||
Memahami |
|
AD-02: Memahami konsep
lembar kerja pengolah data. |
|||||
Elemen: Literasi Digital |
|||||||
Peserta didik
mampu memahami cara kerja dan penggunaan mesin pencari di internet;
mengetahui kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media
pers digital; membedakan fakta dan opini; memahami pemanfaatan perkakas
teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan
interpretasi data; mampu mendeskripsikan komponen, fungsi, dan cara kerja
komputer; memahami konsep dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan
internet baik kabel maupun nirkabel; dan mengetahui jenis ruang publik
virtual; memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi
konten. Peserta didik mampu memahami pentingnya menjaga rekam jejak digital,
mengamalkan toleransi dan empati di dunia digital, memahami dampak
perundungan digital, membuat kata sandi yang aman, memahami pengamanan
perangkat dari berbagai jenis malware, memilah
informasi yang bersifat privat dan publik, melindungi data pribadi dan
identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia
digital. |
Memahami |
|
TIK-01: Memahami cara
kerja dan penggunaan mesin pencari di internet |
|
|
|
|
Mengetahui |
|
TIK-02: Mengetahui
kredibilitas sumber informasi digital dan mengenal ekosistem media pers
digital; membedakan fakta dan opini |
|||||
Memahami |
|
TIK-03: Memahami
pemanfaatan perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi,
serta analisis dan interpretasi data |
|||||
Memahami |
|
TIK-04: Memahami
pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten |
|||||
Mendeskripsikan |
|
SK-01: Mendeskripsikan
komponen, fungsi, dan cara kerja komputer. |
|||||
Memahami |
|
JKI-01: Memahami konsep
dan penerapan konektivitas jaringan lokal dan internet baik kabel maupun
nirkabel; dan mengetahui jenis ruang public virtual. |
|||||
Memahami |
|
DSI-01: Memahami
pentingnya menjaga rekam jejak digital, mengamalkan toleransi dan empati di
dunia digital |
|||||
Memahami |
|
DSI-02: Memahami dampak
perundungan digital, |
|||||
Membuat |
|
DSI-03: Membuat kata sandi
yang aman, |
|||||
Memahami |
|
DSI-04: Memahami pengamanan
perangkat dari berbagai jenis malware, |
|||||
Memilah |
|
DSI-05: Memilah informasi
yang bersifat privat dan publik, |
|||||
|
|
DSI-06: Melindungi data
pribadi dan identitas digital, serta memiliki kesadaran penuh (mindfulness) dalam dunia
digital. |
Rancabali,
04 Juli 2024
Koordinator,
Asep
Parid Soleh H, S.Kom., M.Kom.
NIP.
198602092019031003